Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Root Android Yang Kalian Harus Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Root Android Yang Kalian Harus Ketahui

Bagi kalian yang sedang menggunakan smartphone android pasti kalian sudah tau dengan root atau rooting, apalagi jika kalian sering ngoprek smartphone android, tetapi kenapa terlalu banyak orang yang terlalu banyak mau smartphone nya untuk di root, maka ada sebagian yang takut dan ragu untuk cara melakukannya, maka dengan kali ini adanichell akan berbagi pandangan yang lebih luas lagi dengan cara root, maka inilah kelebihan dan kekurangan rooting android yang wajib harus kalian ketahui.

Maka dengan sistem android dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup baik, bahkan banyak data data penting dalam sistem yang tidaki bisa di akses oleh kalian, maka dengan mengurangi tujuan resiko akibat data data penting kalian, dan untuk kalian yang mau mengakses data data tersebut untuk memodifikasi sistem agar berjalan dengan optimal, maka banyak keuntungan yang untuk didapat ketika kalian mengeroot android kalian, bukan berarti tanpa resiko, maka dengan saya disini sudah siapkan daftar kelebihan dan kekurangan root android dan yang perlu kalian ketahui sebelum kalain melakukannya.

Kelebihan Dan Kekurangan Rooting Android

Kelebihan Root Android

A. Buang Aplikasi Bawaan

Maka pada umumnya smartphone android memiliki berbagi aplikasi bawaan yang jarang kalian gunakan, maka ada beberapa aplikasi bawaan ini ngga bisa kalian hapus dengan cara biasa, ngga bakal kalian disable, maka untuk cara menghapusnya kalian butuh akses android, dan jika kalian ingin tau yang lebih jelas lagi tentang cara membuangnya aplikasi bawaan silahkan kalian baca artikel cara uninsttal banyak aplikasi bawaan bloatware sekaligus android.

2. Baterai Android Akan Lebih Hemat Dan Awet

Maka dengan akses root kalian bisa melakukan dibeberapa hal yang bisa bikin kinerja baterai android kalian lebih hemat dan awet, maka dengan salah satunya adalah dengan cara melakukan kalibrasi baterai dengan cara menggunakan aplikasi baterai calibration, maka dengan cara kerjanya adalah dengan menghapus file bateraystats.bin.

3. Cara Kinerja Android Menjadi Lebih Ringan

Dengan kinerja android kalian akan di buat lebih ringan dan ngebut dengan berbagi cara, maka dengan salah satunya yang akan lebih gampang lagi adalah dengan menggunakan aplikasi greenify yang dapat membuat RAM kalian menjadi jauh lebih lega lagi.

4. Memori Internal Menjadi jauh Lebih Lega

Maka dengan saat ini android terbaru biasanya dibekali dengan memori internal dengan kapasitas yang besar, dan tujuannya supaya bisa menyimpan banyak data sistem, tetapi bagai mana jika android kalian dengan keluaran lama atau dengan harganya masih dengan murah, dan maka dengan akses root nya kalian bisa membuang berbagi aplikasi bawaan yang bikin memori internal kalian penuh sesak, dan serta dapat memindahkan data data aplikasi ke kartu memori dengan aplikasi Link2sd, maka dengan memori internal kalian jadi lebih jauh lega dan kinerja android kalianpun akan semakin ringan dan ngebut lagi.

5. Custom ROM Android Akan Lebih Keren

Dan jika kalian bosan dengan tampilan dengan layar kaca android kalian, maka dengan kalian harus root android kalian, dengan cara menggunakan custom rom, maka dengan root ini akan lebih keren dan bagus lagi dengan tampilan android kalian, serta banyak fitur yang unik yang tidak tersedia pada android biasa.

Namun dibalik segala keuntungan rooting di atas, maka terdapat beberapa kerugian yang perlu kalian perhatikan, jadi untuk kalian harus dipikirkan baik baik lagi dengan cara root ini, sebelum kalian melakukan rooting ini, maka inilah beberapa kerugian yang diakibatkan root android.

Kerugian Rooting Android

1. Garansi Yang Hilang

Dan sebagian besar produsen tidak mengijinkan penggunanya untuk melakukan root android, denga salah satu konsekuensi dari root android yang kalian dilakukan adalah hilangnya garansi resmi, walaupun dengan garansinya belum habis, dan jika terjadi eror sistem atau bahkan kerusakan pada konvonen, maka dengan pihak produsen tidak akan bertanggung jawab.

2. Kerusakan Sistem Eror

Bagi kalian yang sering ngoprek HP Android, pasti sudah nggak asing kan dengan istilah-istilah di atas Intinya sih jika terdapat kesalahan atau kegagalan saat melakukan root Android, HP Android kalian bisa saja mengalami bootloop, nggak bisa masuk ke sistem, atau bahkan mati total. Kegagalan root juga beresiko merusak komponen alias hardware HP Android kamu, loh! Yap, inilah salah satu resiko terbesar yang mengancam HP Android yang di-root.

Untuk mencegah resiko kegagalan yang terjadi, kamu perlu memperhatikan beberapa hal. Misalnya memastikan baterai HP Android kamu terisi cukup penuh, men-download bahan-bahan root dari sumber yang terpercaya, memastikan bahan-bahan tersebut sesuai dengan tipe HP Android kalian, serta menjalankan setiap langkah dalam prosesnya dengan benar. Misalnya seperti yang dijelaskan dalam beberapa artikel berikut ini

3. Keamanan Smartphone Android

Dengan melakukan rooting Android, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka. Sehingga Android yang sudah di-root akan lebih rentan terhadap serangan malware. Namun, hal ini dapat dicegah dengan penggunaan yang benar, serta tidak men-download aplikasi Android secara sembarangan. Kalau kamu butuh aplikasi Android yang keren dan berguna, download aja di halaman Apps dan Games JalanTikus. Semuanya dijamin legal, gratis, dan aman dari malware.

Itulah berbagai Kelebihan dan Kekurangan Root Android yang wajib kamu tahu. Intinya sih, kamu harus paham cara melakukan root yang baik dan benar. Kalau kamu masih ragu-ragu, minta bantuan saja kepada teman kamu yang berpengalaman. Jika ada info lain mengenai root Android yang kamu tahu, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

Mungkin cukup samapi disini saja dengan pembahasan tutorial kali ini, semnoga dengan tutorial kali ini sangat bermanfaat untuk kalian semua yang sedang ingin menggunakannnya, dan mungkin dengan adanya saya disini sangat begitu membantu kalian para pengguna smartphone android, terima kasih untuk kalian yang sudah berkunjung ke situs blog adanichell, dan sampai jumpa kembali di pembahasan selanjutnya. wasalam By,Rizab FirDaus
adanichell tool pro